Cok Simbara

Image by Kwartetwo :
Lahir di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, 12 November 1953 dengan nama lengkap Ucok Hasyim Batubara dari pasangan Hasyim Saleh Batubara dan Saribanun Nasution. Sejak kecil sebenarnya pria berkumis ini sudah mengenal dunia akting, ia sering bermain sandiwara-sandiwaraan bersama teman-temannya hanya saja saat itu ia tidak mengetahui apa itu akting.

Banyak orang sukses di suatu bidang padahal dia berada di sana secara tidak sengaja. Apa yang dialami Cok Simbara adalah salah satunya. Cok terjun ke film karena tidak sengaja. Selesai menamatkan SMA di kampung halamannya, tahun 1973, putra seorang pegawai negeri ini ingin meneruskan sekolah ke Jawa. Cok lalu berangkat ke Bandung untuk mendaftar di Jurusan Seni Rupa ITB. Tapi ia tidak diterima di sana.

Tak tahu harus berbuat apa, Cok lalu mendaftar ke LPKJ (IKJ), dan jadi mahasiswa Jurusan Teater. Tempaan seniman-seniman besar seperti Asrul Sani, Arifin C. Noer, Sjumandjaja, Wahyu Sihombing, Tatiek Maliyati dan lainnya. Sedikit demi sedikit membentuk Cok jadi seniman, khususnya yang berhubungan dengan seni peran. Seperti kata pepatah, Tak kenal maka tak sayang, maka Cok pun akhirnya sayang dengan dunia seni yang telah dikenalnya itu.

Cok pertama kali tampil dalam lakon Kucak Kacik bersama Teater Kecil pimpinan Arifin C. Noer di tahin 1975. Tapi sebelumnya Cok bergabung dengan Teater Kaki Lima pimpinan Tommy Soemarni. Bersama dengan rombongan itu, Cok ikut main di night club Latin Quarter yang waktu itu di sekitar tahun 70-an cukup terkenal.

Lelaki Batak yang beristrikan perempuan asal Surabaya itu akhirnya bertekad untuk bertahan di film. Sudah belasan judul film diperankan. Bahkan memasuki era sinetron ini Cok juga tetap eksis. Ia antara lain bermain dalam sinetron-sinetron Wanita bersama aktris Meriam Bellina, Noktah Merah Perkawinan I & II, Hanya Satu Mutiara dll. Eksistensinya itu membuktikan bahwa Cok bukan saja pandai berakting, tapi lelaki Batak yang memiliki tutur kata lembut ini mampu beradaptasi dengan lingkungannya secara baik.Meski telah menjadi bintang, Cok tetap tidak lupa dengan masa lalunya, dunia teater. Namun sayang teater sudah berkurang drastis.
 

0 komentar:

  © Kwartetwo.com Didirikan Oleh Alan Maulana 2010

Back to TOP  

IP